Linux Semakin Memanjakan Penggunanya

beberapa bulan terakhir ini banyak sekali rilis terbaru dari berbagai distro terkenal seperi Mandriva 2007, Fedora Core 6, openSUSE 10.2, Slackware 11, dan Distro-distro yang lain. sekilas setelah mencoba berbagai rilis terbaru dari distro-distro diatas, selain slackware, saya begitu terkesan terhadap apa yang disuguhkan kepada linuxer, desktop 3D yang menggemaskan dan tool-tool konfigurasi yang kian mudah.
berbicara tentang kemudahan yang di berikan oleh linux membuat saya tidak bisa bayangkan seperti apa linux di masa yang akan datang. kemudahan yang diberikan oleh berbagai distro sangat memungkinkan berbagai kalangan pengguna akan lebih tertari untuk migrasi ke sistem operasi yang legal. namun menurut saya, berbagai kemudahan yang bisa kita nikmati saat ini memberikan dampak yang kurang baik khususnya bagi mahasiswa jurusan ilmu komputer / informatika.
salah satu contohnya adalah tersedianya berbagai tools konfigurasi yang berbasis GUI bisa memanjakan pengguna. para pengguna yang baru mengenal linux saat ini mungkin tidak akan pernah tahu bagaimana konsep mounting yang sebenarnya, setiap kali kita masukkan flashdisk atau CDROM, file-file yang tersimpan didalamnya bisa langsung kita baca. kenyamanan yang yang di berikan sebuah distro bisa saja kelak menjadi sedikit bumerang bila user ingin beralih ke distro yang lain. karena biasanya, tools berbasis GUI yang disediakan oleh sebuah distro berbeda dengan distro yang lain. kenyataan ini akan menghabiskan banyak waktu untuk penyesuaian antar user dengan distro yang baru.
adanya gagasan tentang Linux Standard Base merupakan kabar baik untuk mengurangi kesenjangan antar distro yang ada dan semakin mempermudah pengguna namun sekali lagi mempermalas orang-orang yang mendalami sistem komputer. akankah masa depan linux tak jauh berbeda dengan windows? jawaban saya adalah sangat mungkin dan hampir bisa di pastikan untuk terutama untuk para penikmat komputer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s