Menggunakan bluetooth di linux untuk transfer file antara ponsel dan PC

Tulisan ini hanya sekedar catatan saya waktu memiliki hp baru yang mempunyai fasilitas koneksi dengan bluetooth untuk transer data/file antara komputer dengan handphone. Untuk koneksi internet pake handphone entar dulu dech, kalo udah kaya. Oke kita mulai . . . .

Sekilas tentang tekologi bluethooth

Bluetooth [http://www.bluetooth.com] adalah standar spesifikasi yang mendefinisikan bagaimana telepon selular, komputer dan personal digital assistant (PDA) dapat saling terkoneksi dengan mudah tanpa perantara kabel. Mudahnya, bluetooth merupakan sebuah teknologi komunikasi wireless (tanpa kabel) untuk perangkat mobile.Nama Bluetooth diambil dari nama seorang raja Viking, Harald Blaatand (Bluetooth) II, yang berhasil menyatukan Denmark dan Norwegia dan membangun komunikasi antar kedua negara tersebut dengan tanpa kabel pula tentunya ( jaman dulu sih).

Paket-paket (program) yang perlu diinstall

untuk mentransfer file dari handphone ke PC atau sebaliknya di perlukan beberapa paket. Paket yangharus dinstall adalah:

1. untuk protokol bluetooth kita pake bluez (default di Fedora)

  • bluez-utils-2.25-4
  • bluez-libs-2.25-1
  • bluez-pin-0.30-2

sebenarnya selain bluez masih banyak juga protokol yang lain seperti BlueDrekar, dan openBT.

2. untuk antar muka dengan penggunanya pake OpenObex

  • openobex-apps-1.0.0-10
  • openobex-1.1-1
  • openobex-devel-1.1-1

paket-paket lainnya bisa aja di tambahin. Siapa tahu suatu saat diperlukan, kan tidak usah install lagi. Beberapa paket tambahan tersebut adalah:

  • bluez-hcidump
  • bluez-bluefw
  • bluez-libs-devel
  • bluez-firmware
  • bluez-hciemu
  • gnome-obex-server dan gnome-bluetooth-manager
  • kdebluetooth

kalo mau tahu paket-paket diatas bekerja di layer berapa, lihat aja abstraksinya di bawah ini. Ada banyak paket yang lain yang harus diinstall untuk kebutuhan lainnya.

scema bluetooth

menjalankan service bluethooth

edit file konfigurasi di /etc/bluetooth/hcid.conf pada bagian:

# PIN helper
#pin_helper /usr/bin/bluepin;

# D-Bus PIN helper
dbus_pin_helper;

menjadi

# PIN helper
pin_helper /usr/bin/bluepin;

# D-Bus PIN helper
#dbus_pin_helper;

sebenarnya bagian konfigurasi diatas untuk menentukan script yang akan di pakai untuk autentikasi pin waktu koneksi dengan bluetooth. Saya agak kesulitan menggunakan dbus_pin_helper, jadi pakai bluepin aja. Kemudian isi file /etc/bluetooth/pin dengan sembarang angka yang akan kita jadikanPIN/password dengan perintah berikut:

# echo “1234” > /etc/bluetooth/pin

setelah konfigurasi selesai kita jalankan servicenya. untuk menjalankan service bluethooth di Fedora core atau redhad:

# hciconfig hci0 up
# /etc/init.d/bluetooth start

“Case Study” Transfer File dari Handphone ke PC dan Sebaliknya

Bluetooth menggunakan beberapa channel untuk tiap layanan/service yang disediakan. Untuk melihat service apa yang tersedia beserta channel yang digunakan perintah (pastikan perangkat bluetooth di handphone telah diaktifkan):

[pujangga@talenta ~]$ sdptool browse
Inquiring . . .
Browsing 00:16:20:4E:6D:F0 . . .
Service Name: Dial-up Networking
Service RecHandle: 0x10000
Service Class ID List:
“Dialup Networking” (0x1103)
“Generic Networking” (0x1201)
Protocol Descriptor List:
“L2CAP” (0x0100)
“RFCOMM” (0x0003)
Channel: 1
Profile Descriptor List:
“Dialup Networking” (0x1103)
Version: 0x0100
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . di potong. . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

untuk melakukan transfer file dari handphon ke PC, kita akan menggunakan channel 10. dengan menggunakan openobex yang telah kita install sebelumnya. Perintah yang digunakan untuk mengkondisikan PC sebagai penerima file yang dikirim dari ponsel adalah obex_push <channel>.

[pujangga@talenta ~]$ obex_push 10
Send and receive files through bluetooth OBEX PUSH channel 10
OBEX Object Push service registered
Waiting for files . . .

sampai disini komputer akan menunggu kiriman file dari handphone. Dan tentu saja langkah berikutnya kita harus mengirim file yang ada di handphone kita dengan bluetooth. Biasanya dilakukan dengan cara membuka file yang ada di HP kemudian pilih opsi send with bluetooth. Setelah proses pengiriman file selesai, di komputer kita (terminal) akan muncul pesan sebagai berikut:

. . . . . . . HEADER_LENGTH = 8886
Filename = Peacock Feathers.jpg
Wrote /tmp/Peacock Feathers.jpg (8886 bytes)

dan file yang telah dikirim ke PC akan di simpan di /tmp/nama-file.jpg. Sedangkan untuk mengirim file dari komputer ke handphone menggunakan perintah obex_push <channel> <alamat hardware> </path/to/file.mp3>. Misal (pastikan perangkat bluetooth di handphone telah diaktifkan):

[pujangga@talenta ~]$ obex_push 6 00:16:20:4E:6D:F0 /mnt/audio/Hadiid-str.MP3
Send and receive files through bluetooth OBEX PUSH channel 6
name=/mnt/audio/Hadiid-str.MP3, size=47 99648
…………………………………….
PUT successful

akhirnya selesai dech! Capek juga sih tapi puasnya itu lho… yang membuat ketagihan. Hehe bisa-bisa efek dari keseringan bermain dengan pinguin seperti narkoba. Bedanya kita gak bakalan sekarat bila over dosis.

2 thoughts on “Menggunakan bluetooth di linux untuk transfer file antara ponsel dan PC

  1. untuk versi obex terbaru sdah tidak lagi memakai pin helper, pin langsung bisa diketik di hcid.conf , cuma agak rewel …. walau sudah nyikron dengan HP dengan pin yg sama, kadang masih gak mau konek.

    gak tahu kenapa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s