Tips dan Trik Buka File PDF Menggunakan KPDF

bagi temen-temen yang punya saya masalah yang sama dengan saya, mungkin ini bisa menjadi bahan tambahan untuk menyelsaikan permasalahan tersebut. Saya punya masalah dalam membuka/membaca file berekstensi *.pdf. saya menggunakan Slackware dan Fedora Core 5 dengan KDE sebagai desktop managernya. untuk membuka file-file PDF saya menggunakan aplikasi bawaan KDE yaitu KPDF. permasalahannya untuk membuka file-file tersebut,

klik kanan file *.pdf -> open with -> kpdf

Agar bisa membuka file *.pdf hanya dengan klik ganda (tanpa prosedur yang diatas)

klik kanan file *.pdf -> open with -> other

kemudian pada kotak dialog saya tuliskan kpdf dan memberi tanda di bagian “remember application association for this type off file” kemudian klik ok.

Ketika kembali ke konqueror saya coba buka file *.pdf dengan klik ganda namun namun file tersebut tidak bisa di buka dan saya coba berkali-kali dan tetap tidak bisa, yang saya dapatkan di home directory saya tiba-tiba terdapat banyak file yang tidak saya mengerti setelah mengklik file *.pdf (tidak terjadi di Fedora Core 5). Akhirnya karena tetap tidak bisa maka saya tetap menggunakan cara yang pertama hingga saya lupa akan keinginan saya untuk membuka file-file *.pdf hanya dengan klik ganda saja.

Suatu saat saya coba-coba untuk melihat konfigurasi desktop saya di “control center”, eh… akhirnya ketemu juga solusi permasalahan diatas. Ternyata masalahnya ada di bagian “file association”. Nih cara mengatasinya:

pilih K menu -> control center klik kde components -> file Association pilih application -> pdf

pada bagian “application preference order: ganti posisi KPDF menjadi yang paling atas kalo terdapat 2 buah KPDF hapus salah satunya (sebaiknya yang lebih tinggi) kalo ga ada klik add dan tambahkan kpdf. semoga sukses!!!

3 thoughts on “Tips dan Trik Buka File PDF Menggunakan KPDF

  1. maf mas komenx g’ sesuai,cuma mw nawarin cara terbebas dari belenggu pulsa yg slalu merepotkan kita sehari2,bagi mas ato embak2 yg udah berkunjung diblog yg kaya ilmu ini yg bermintat Untuk mengetahui carax..!KLIK JA DISINIMAKASI…!

Tinggalkan Balasan

