Mahasiswa Ilmu Komputer Jaman Dulu dan Saat Ini

Saya memang tidak pernah mengalami seperti apa sulitnya jadi mahasiswa ilmu komputer di era 90-an, apalagi sebelum tahun 1990-an. saya aja lahir tahun 1983 di madura, gimana bisa merasakan . . . ! baru tahun 2002 saya bisa menikmati seperti apa menjadi mahasiswa sebuah perguruan tinggi di luar negeri (swasta). tepat di IST AKPRIND Jurusan Ilmu Komputer.

Saya mengenal komputer ya saat mulai kuliah. sebelumnya hanya bisa lihat dari jauh semasa SMA kalau sedang berurusan dengan bagian Tata Usaha (maklum sekolahnya di desa hehe… ). semasa SMP juga pernah lihat komputer, tetapi berbeda, di SMP-ku komputernya masih hitam putih. jadi pas waktu tidak sengaja lihat komputer di di SMA agak kaget karena sudah full color. Jadi kalau ada yang berpendapat lain mohon sharing pendapat. lumayan buat tambah pengalaman.

Maksud saya belajar komputer saat ini lebih susah bukan karena bahan ajarnya lebih banyak atau perkembangan tekhnologi yang begitu cepat dan lainnya. tapi susah yang saya maksudkan lebih pada tekanan mental yang di berikan oleh orang-orang disekitar kita, termasuk teman satu jurusan bahkan dosen kita. bayangkan saja mau belajar lebih dari sekedar klik kanan klik kiri aja komentar yang menciutkan semangat banyaknya tak terhitung. “ngapain susah-susah pake linux, di windows semuanya berjalan dengan baik”. tuh. . . kan komentarnya. apa lagi dosen yang yang kalo ngasih tugas harus pake software yang mahal-mahal, tidak boleh tidak.

Berbeda kalo belajar komputer jaman dulu, menurut pengalaman orang-orang yang saya dengar, dan berbagai referensi yang pernah saya baca, belajar komputer waktu itu memang lebih mudah. saat itu microsoft masih pake DOS yang berbasis text. jadi pilihannya seimbang, mau pake DOS atau *nix sama-sama berbasis CLI, artinya sama-sama susah dan membosankan, dan akhirnya suara-suara sumbang yang diarahkan pada orang-orang yang memilih belajar *nix tentu saja jauh lebih sedikit.

Hemm . . . , tentu saja ini hanya sekedar khayalan saya yang muncul karena kesepian tiada teman di setiap ruang kuliah yang saya ikuti, juga bentuk kecemburuan akan orang-orang yang mengenal *nix lebih awal.

One thought on “Mahasiswa Ilmu Komputer Jaman Dulu dan Saat Ini

Tinggalkan Balasan

