Menjaga Sistem Tetap Aman

sejak mengenal komputer, masalah yang paling banyak saya hadapi adalah virus, worm, dan semisalnya. masalah tersebut bukan nongkrong pada komputer pribadi saya, tetapi menyerang komputer teman-teman dari jurusan lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan komputer dan tidak mau tahu dengan kesehatan komputernya. yang mereka tahu komputernya semakin melambat, hang dan lainnya. bagi sebagian orang yang tahu bagaimana mempertahankan komputer dari berbagai serangan, masalah diatas mungkin tidak begitu memberatkan. ingat, “windows juga aman bila dipegang oleh orang yang
tahu akan keamanan system komputer”.

masalahnya saya gak bisa menolak setiap rengekan yang meminta saya untuk mengatasi masalah diatas. apalagi yang meminta cewek, cakep lagi!!!. hem sudah pasti gak tega ngucapin kata tidak. saya coba untuk mencari solusi baru. bagaimana cara agar mereka bisa menjaga komputer mereka sendiri. ya tentunya biar saya gak repot sih. sebenarnya gak susah-susah amat menjaga sistem biar tetap aman meski gak seratus persen aman sih! terutama untuk komputer stand alone dan tidak terhubung dengan internet setiap saat. kan internet mahal.

menjaga sistem saya katakan mudah karena saya coba untuk mempermudah masalah saja. kalo kita berpikir lebih luas tentang keamanan system, wah berbagai aspek bisa ikut nebeng dan gak akan selesai dibahas selama satu semester. tapi kalo dianggap mudah, menjaga keamanan system itu semudah menjaga berbagai utilitas keamanan untuk tetap up to date itu aja.

masalahnya pandangan terhadap keamanan sistem yang udah minimalis tadi masih sangat susah untuk dikomunakasikan
dengan orang lain, apalagi yang udah kena sindrom instanisme. alasannya macam-macam, bisa gak tahu cara downloadnya, email aja jarang pake, gak bisa mengapdate dan lain-lain. ya akhirnya saya masih tetap repot, repot ngajarin cari updetan anti virus repot nemenin kewarnet, katanya takut salah. tapi ya udahlah gak papa.sesekali aku liatin komputerku saat mereka main ke kos, pake linux bebas masalah!!!

satu lagi, banyak seminar/ workshop tentang keamanan sistem tapi tidak satupun yang ditujukan untuk pengguna awam, kebanyakan hanya untuk orang-orang computer science. atau mungkin aku aja ya yang kurang informasi hehe…., tapi kalo perkiraanku bener yuk sekali-kali, para aktifis di bidang ITC ngadain acara buat pengguna awam.

Tinggalkan Balasan

