Belajar Sistim Informasi

semua yang saya tulis di bawah, termasuk semua tulisan saya dalam blog ini merupakan subjektivitas saya pribadi kecuali yang memang benar-benar fakta objektif. jadi maaf saja kalau ada komentar “ah.., itu kan hanya menurut dia”. sekali lagi ini memang menurut saya, tetapi saya tidak menutup diri bagi siapa saja yang mau konfirmasi, mengkritisi, atau mendiskusikan, dengan senang hati saya katakan “Wecome to The Jungle” hehe.. salah ya? oke saya mulai aja cerita untuk kali ini.

Temen-temen di tetangga kampus, AA YKPN,juga mempelajari Sistem Informasi, tepatnya mereka mendapatkan kuliah Sistem Informasi yang sama dengan apa yang saya pelajari di jurusan saya. tapi mereka jurusannya Akuntansi dan saya Ilmu Komputer. perbedaan jurusan ini membuat membuat cara pandang tentang Sistem Informasi benar-benar berbeda. perbedaan ini mungkin dikarenakan lingkungan yang berbeda atau karena basic-nya sudah beda. tetapi bagi saya pribadi perbedaan ini cenderung lebih banyak di pengaruhi oleh cara pandang saja. dikelas saya, mata kuliah Sistem Informasi cuma 2 SKS saja dan itu merupakan sistem informasi secara umum, meskipun ada kuliah-kuliah lain yang berkaitan erat dengan sistem informasi seperti basisdata, dan kuliah yang lain. tetapi temen-temen yang kuliah di akuntansi bahkan dapat mata kuliah sistem informasi akuntansi sebagai kelanjutan dari kuliah sistem informasi. hebat bukan?! sekali lagi menurut saya.

Secara umum belajar sistem informasi bisa susah, tidak hanya Input, proses, output saja yang harus kita perhatikan. banyak hal yang mesti kita perhatikan dalam membuat sebuah sistem informasi yang berkualitas, bahkan kebiasan para pengguna pun mesti mendapatkan perhatian yang serius.

kembali ke perbedaan cara pandang mengenai Sistem informasi, Mahasiswa Akuntansi menganggap mata kuliah ini begitu sulit. ketika saya tanya kebeberapa temen, mereka menjawab “Sulit sekali, Katanya Sistem Informasi itu pelajarannya anak komputer ya mas?!”. perhatian saja jawaban temen saya tadi. mata kuliah sistem informasi menjadi sulit karena diremehkan. bukan pelajaran bagi anak-anak akuntansi sehingga buat apa di tekuni. kan sudah ada yang mengurus, anak komputer, kata mereka. berbeda ketika mahasiswa-mahasiswa akuntansi ini ditanya tentang Pengantar Akuntasi, Akuntansi Keuangan, atau pelajaran akuntansi secara umum. temen-temen saya yang gak lulus-lulus aja ngasih komentar: “saya heran, dulu waktu SMU, akuntansi itu begitu sulit, waktu kuliah mudah sekali. bener-bener berbeda”. ya karena mereka kuliah diakuntansi. bayangkan bila ditanya sama mahasiswa FISIPOL.

bagi mahasiswa ilmu komputer, sistem informasi merupakan bidang ilmu yang paling mudah (ini cuma dianggap mudah aja) di pelajari dibanding bidang ilmu yang lain terutama bagi mahasiswa di kampusku. ini terbukti dengan bayaknya mahasiswa yang menulis tentang sistem informasi. mulai dari karya yang bagus banget, biasa-biasa aja, hingga karya yang tidak layak ada. karena begitu banyaknya, sekarang setiap proposal tugas akhir yang berbicara sistem informasi ditolak. mungkin dosen-dosennya mulai bosan membimbing tugas akhir dengan tema sistem informasi. dan akhirnya sekarang temen-temen beralaih kemultimedia dech.

Tinggalkan Balasan

