Bagaimana Linux Membantu Saya Belajar

Sabtu lalu, setelah capek ngoprek linux (openSUSE) di my second wife (hehe…), komputer saya matikan tepat jam satu malam. keesokan harinya komputer saya nyalakan lagi, dan Waw.., komputerku tidak mau booting. dan muncul pesan “no operating system”. dalam waktu bebrapa detik otakku bilang: “install aja lagi MBR-nya”. kemudian saya masukkan CD openSUSE untuk booting dari CDROM, setelah muncul opsi booting saya pilih “rescue mode”. komputer bisa booting dengan sukses.

Pertama kali yang saya lakukan setelah login, saya mount root directory kemudian saya install bootloader grub baeaan openSUSE, nih lengkapnya:
# mount /dev/hda7 /mnt
# grub-install –root-directory=/mnt/
# reboot

dan sukses dech!!! mudah bukan. saya mengenal konsep MBR sejak ambil matakuliah arsitektur komputer di semester satu. tapi saat itu bener-bener blank tidak tahu apa-apa (masih pakai windows). setelah pakai linux jadi tahu dalam dataran praktisnya. sukurlah meski agak terlambat tapi… bukakkah tidak ada kata terlambat untuk belajar????…..

Tinggalkan Balasan

