Warnetnya yang aneh apa akunya ya?? he3x

Sekarang ini aku lagi berada disebuah warnet di sebelah timur kampus Atmajaya yang terletak di kawasan mrican Demangan yogyakarta. Jam di desktop yang aku pakai menunjukkan pukul 13:57. aku berada di kabin no 09 di pojok sebelah barat. persis didepanku terdapat kulkas (pendingin) minuman yang sengaja di pajang di situ karena letaknya yang strategis. Saya bilang strategis karena kulkas tesebut dapat di lihat dari berbagai arah di dalam warnet tersebut. Tentu saja orang yang hendak membeli minuman dapat dengan mudah menjangkau tempat tersebut.

Saya sendiri baru dua kali berada disini. Keberadaanku hanya sekedar coba-coba untuk merasakan warnet-warnet yang banyak bermunculan di yogya. kesan pertama saat masuk dan menerima nomor kabin saya agak kaget karena kartu kabin yang dikasihkan ke aku berhiaskan pinguin. “wah kayaknya bakal jadi langganan nich kalo kecepatan aksesnya juga memuaskan. soal harga bukan masalah” pikirku waktu itu. tapi kegembiraan itu hilang setelah saya lihat komputernya pake windows. setelah rasa kaget udah hilang kuperhatikan ternyata ada tulisan LEGOS yang cukup besar terpampang di atas pintu masuk menuju warnet. mungkin cukup besar untuk dilihat dari jalan yang terbentang diwarnet tersebut “lumayan windowsnya resmi”.

Satu jam sudah saya duduk berselancra ria. Tiba-tiba saya membutuhkan Acrobat Reader untuk membuka file berformat PDF. Eit.., ternyata program yang kubutuhkan tidak ada. setelah menghubungi Operator, saya diminta menunggu sebentar untuk diinstall di komputer yang sedang kupake. nunggu satu menit.. dua menit.. lima menit.., “mas pindah komputer saja ya” kata operator memberikan opsi lain namun dengan nada memaksa. ya kecewa lagi nich. Program pembaca file PDF kan urgent, seperti halnya aplikasi office.

Kejadian hari ini lebih unik lagi. unik karena membuat aku takjub meski sedikit kecewa. Awalnya saya pesan tempat untuk surfing. setelah dapat kartu bernomer 09 dengan hiasan pnguin gemuk nan cantik, saya menuju komputer no sembilan. eit.. kulihat flasdisk masih tertancap di sana. terdengar suara hati mulai berperang. masing-masing mencoba untu mempengaruhi yang lain.

“Ambil saja terus pergi!” sisi gelapku memulai pertengkaran.

“jangan! berdosa” si putih melawan dengan sengit. “ingat tuhan, jangan jadi pencuri”

“halah…! biasa bajak software aja, sudah jutan rupiah yang kau embat” yang berwajah kelam mencoba melobi, “Sok alim lo..”.

Pertempuran berlangsungit sengit, bila semua perkataan dikeluarkan melalui mulut manusia, mungkin bisa lebih dari seperempat jam. tapi namanya gejolak hati, semua terjadi begitu cepat. Barangkali suara-suara hati itu hidup dalam dimensi yang berbeda hingga terasa begitu cepat bila dirasakan dalam dimensi manusia.

Akhirnya kuputuskan untuk menghubungi operator warnet. saya tidak menyerahkan flashdisk tadi ke operator. Ia kalau yang punya flasdisk datang dan operator memberikan flashdisk tadi ke yang punya, kalo tidak? atau bisa aja ia pura-pura gak tau kan rugi. harganya sih bukan seberapa, tapi tetep aja ada rasa gak enak. Ahirnya dengan berbagai pertimbangan flashdisknya aku bawa sendiri sambil berharap yang punya tidak pernah datang he..he.., tidak lupa aku tinggalkan alamat emailku. Eh.. operatornya malah marah-marah. “Kalo mau flashdisknya ditinggal. kalo mau diambil mending tadi gak usah bilang, langsung aja bawa pulang, mudahkan!?” katanya sewot. “tidak usah pake alamat email segala, udah gak jaman pake alamat email”

aku tetap aja pada pendirianku untuk membawa sendiri flashdisk tersebut. berbahayakan, coba kalau handphone!?. Aku sangat terkejut saat mendengar kata-kata yang dilontarkannya padaku. bayangkan email dibilang sudah kuno. uh.. dasar. akhirnya kukasih no HP sambil berpikir, “orang jaman batu kali yang bilang email sudah kuno”.

itu aja yang paling kusayangkan dari kejadian tadi. rasanya kok tidak rela kalo komunikasi lewat email dibilang kuno. kalau semprotan yang lain bisa aku singkirkan dari otakku saat it juga. tapi email!?, ah.. operator warnet lo.. yang bilang, bukan penjual gorengan di warung-warung. Operator yang setiap hari bergelimang dengan dunia internet. Barang kali suatu hari ia akan bilang kepada setiap pengunjung warnetnya kalau browsing itu kuno. yo wis.

terakhir, sambil menulis di blog ini aku sadar kalo operatornya mungkin hanya bisa mengoperasikan billing warnet yang setiap harinya ia plototin, tidak yang lain. Soalnya aku berkomunikasi dengan dia lewat media chat yang disediakan oleh billing client yang tersedia disetiap komputer. saya tinggal mengklik menu “send message to server” dan menuliskan apa yang ingin kusampaikan pada operator. tapi operatornya selalu menjawab dengan cara mendatangi komputer yang aku pake. gile gak tuh? dua tiga kali kayaknya ia mesti menuju ke bilik komputer yang aku pake hanya untuk menjawap pesan yang aku sampikan. ha..ha.. jangan-jangan kelak bukan SMS lagi yang populer, tapi sudah beralih pada LMS (Live Message Service) ha..ha..ha…

2 thoughts on “Warnetnya yang aneh apa akunya ya?? he3x

  1. iya sabar ajar yaa, memang tidak semua warnet mempunyai OP yang Ca’em & mumpuni dgn semua software & menangani segala jenis situasi yang terjadi, mgkn suasana hati yg lagi badmood/ yang lainnya, seharusnya kita sadar hampir semua problem yang terjadi di sekitar warnet oleh user di tujukan ke OP, padahal kalau bener2 kita cermatin sebetulnya tidak begitu kok, seperti halnya pengalamanku dulu, tapi setelah aku tau lebih mendalam walau masih byk yang blm aku ketahui tentang dunia warnet aku jd sadar bahwa OP bukanlah salah seorang yang principal menjadi tumpuan beban yang negative. semoga kita sll dalam jalan yg bnr. Amin.

  2. wakakaka.. email dibilang kuno? memang! email kalo dibandingkan dengan fasilitas/fitur lain di internet tuh… bisa dibilang email paling tua!

    generasi pertama internet kan email, trus baru web (text), trus IRC, baru berkembang dari situ.. (ini kalo gak salah inget sejarah internet yah..)

Tinggalkan Balasan

