Menelusuri Jalan dengan Wikimapia.org

Dulu hanya sekedar mencoba dan bermain-main dengan memberi nama pada lokasi-lokasi tertentu yang saya ketahui pada aplikasi berbasis web, “wikimapia.org”. Karena hanya sekedar iseng, lama-lama bosan dan akhirnya terlupakan.

Saat itu, saat bermain-main, tidak terlintas sedikit pun untuk mengambil banyak manfaat dari aplikasi ini. Hingga kemarin, saya mendapat tugas membagi undangan ketempat-tempat yang asing, meski masih di kawasan yogyakarta juga sih.

Setelah tanya sana-sini, tetangga, temen, dll (maklum, kan sudah kubilang wikimapia dan google earth terlupakan), ternyata banyak lokasi yang saya anggap asing, ternyata sama asingnya bagi mereka. Banyak tempat yang bahkan tidak seorangpun disekitar saya yang tahu daerah tersebut.

Bisa dibayangkan betapa pusingnya saya saat itu. Tapi waktu terlintas untuk mencari tahu melalui google earth atau wikimapia, harapan kembali muncul. Ternyata, tinggal mengetikkan nama daerah yang kucari dibagian search, dan hasilnya muncul dalam hitungan detik. Hebat juga nich kontribusi para netter dengan meberi nama beberapa lokasi. ya… hari ini, sekali lagi internet membantu saya secara langsung. Disini saya cenderung lebih suka menggunakan Wikimapia yang berbasis web dari pada google earth. Meski mungkin fiture yang ditawarkan google earth jauh banyak. Mungkin kelak bila punya koneksi sendiri dirumah saya akan memilih google earth.

Selain kemudahan diatas, ada satu hal yang cukup mengganggu, yang mungkin bisa diperbaiki suatu saat kelak. Saat saya tahu lokasi daerah yang saya cari, saya masih kebingungan jalan mana yang harus saya tempuh untuk menuju tempat tersebut. Bayangkan bila lokasi yang saya cari berada di kota X, sebuah kota yang mungkin tidak pernah saya dengar, sedangkan saya berada di jogja yang jauh dari kota tersebut. Andai saja aplikasi ini dilengkapi dengan petunjuk jalan yang harus dilalui menuju lokasi yang kita inginkan. Yah… cuma berharap, he..he…

2 thoughts on “Menelusuri Jalan dengan Wikimapia.org

Tinggalkan Balasan

