Banyaklah Membaca dan Mulai Menulis

Kampanye gemar membaca sudah lama tidak saya dengar. Hingga akhirnya saya tahu Tantowi Yahya sebagai duta baca. Artinya akhir-akhir ini, gemar membaca mulai dikampanyakan kembali seperti waktu saya melalui masa kecil yang indah.

Ternyata sama saja, tidak banyak berubah dari kebiasaan membaca orang indonesia ini. Padahal kurasa sudah bukan saatnya lagi mengkampanyekan gemar membaca. Kita sudah terlalu jauh berjalan ditempat. Pantas saja tidak begitu banyak perubahan yang terjadi.

Sejak saya kecil, kampanye gemar membaca sudah ada, dan kini setelah dua puluh tahun kemudian tetap saja gemar membaca yang diusung. Bukankah sudah selayaknya kampanye tersebut dialihkan menjadi gemar menulis. Atau setidaknya gemar membaca dan menulis. Ya.. banyak membaca dan mulai menulis. Karena ternyata membaca saja tidak cukup. Perlu cara untuk mengungkapkan ide, pemikiran, pendapat, dan lain-lain.

Berbicara di depan banyak orang memang merupakan sebuah cara, namun kayaknya kurang efektif bagi semua orang. Tapi dengan menulis, banyak orang yang bisa membaca apa yang kita pikirkan. Selain itu dengan menulis kita bisa menyimpan lebih lama ide-ide kita.

Saya sendiri membuat blog ini sebagai sarana untuk terus belajar mengungkapkan apa yang ada dalam benak saya dan apa yang terasa dihati. Mencoba mengungkapkan secara lebih sistemastis dengan cara menuliskannya. Memang tulisannya belum bagus. Baik dari segi isi maupun cara menuliskannya, mungkin jauh dari apa yang kita sebut dengan layak. Tapi setidaknya ini sebagai awal untuk sesuatu yang lebih dikemudian hari. Selain itu saya baru menyadari betapa pentingnya menulis. Tidak hanya menulis untuk orang lain, tapi juga menulis demi diri saya sendiri.

Yah.. karena baru memulai, menulis itu kadang membosankan dan amat malas untuk memulai. Ya.. tidak jauh-jauh dari hal-hal yang baru kita mulai, rasanya cukup berat. Tetapi setelah semua berjalan, rasanya pasti menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

