Virtualisasi, Belajar dan Bekerja

Banyak sekali software virtualisasi yang bisa kita gunakan. Mulai dari yang mahal sampai yang gratis dan bisa kita pelajari cara pembuatannya (baca: source code). Diantara software-software tersebut yang cukup terkenal adalah Vmware, qemu, virtualbox, dan lain sebagainya.

Tapi hingga saat ini saya belum mengalami secara langsung kalau mesin-mesin virtual ini bisa saya gunakan secara nyata selain untuk belajar. Tentu saja saya tahu sedikit banyak mengenai kelebihan-kelebihan penggunaan virtualisasi ini.

Saya menggunakan virtualisasi biasanya untuk belajar jaringan komputer atau mencoba distro baru atau mencoba aplikasi-aplikasi yang ada. Artinya memang saya belum begitu merasakan manfaatnya. Misalnya saja dengan virtualisasi kita bisa mencoba software-software baru yang tidak jelas asal-usulnya tanpa harus takut merusak sistem utama kita. Atau mencoba software-software beta version, melakukan debug program, dan mencicipi kernel baru, tetap saja saya tidak begitu kuatir sistem utama saya bermasalah. Saya tidak keberatan kalau terpaksa mereboot ulang komputer saya atau bahkan harus menginstall ulang. Karena dengan begitu saya bisa istirahat sambil memikirkan masalahnya kenapa.

Tentu saja semua itu bisa terjadi karena komputer yang saya pake untuk belajar, memang benar-benar untuk belajar. Bukan komputer yang digunakan untuk bekerja. Lain ceritanya bila saya menggunakan komputer untuk kebutuhan kritis dan gak boleh ada gangguan apalagi mesti diinstall ulang. Tapi bagi saya kok rasanya belajar dan bekerja tidak begitu berbeda. Yah.. mungkin karena pekerjaan saya adalah belajar. Sesuatu yang membosankan bagi orang lain barang kali.

2 thoughts on “Virtualisasi, Belajar dan Bekerja

Tinggalkan Balasan

