Dunia Nyata, Dunia Maya

Dalam dunia nyata, terjadi banyak perdebatan bagaimana memperbaiki sebuah institusi agar lebih baik. Beberapa kalangan menyarankan agar orang buruk penyebab kebobrokan sebuah institusi ‘dibabat habis’ dan digantikan dengan orang-orang yang bersih. Inti dari pendapat ini mengatakan, untuk menjadi lebih baik yang harus diperbaiki terlebih dahulu adalah orang-orang yang ada di dalamnya. Bila tidak bisa diperbaiki maka orang-orang tersebut mesti diganti dengan orang-orang yang bersih.

Pendapat yang kedua adalah merubah system yang ada sehingga institusi yang buruk tersebut menjadi lebih baik. Dengan sistem yang baik, diharapkan dapat membatasi setiap tindakan buruk yang mungkin terjadi atau dilakukan oleh orang yang berniat buruk.

Memang dari dua pendapat tersebut tampak bertentangan. Namun bisa diambil jalan tengah dengan melakukan keduanya secara bersamaan. Tentu saja dengan effort yang lebih besar.

Disisi lain, dunia maya tampaknya berbeda pendapat dalam menangani masalah institusi yang buruk ini. Kenyataan di dunia maya, memperbaiki/mengganti user yang berhubungan langsung dengan infrastruktur maya tidak akan memberi pengaruh apa-apa tanpa mengganti system/rule bisnis yang ada. Jadi untuk memperbaiki infrastruktur maya mutlak diperlukan perbaikan sistem yang ada.

Gampangnya, anda tidak mungkin mengatakan pada setiap orang, jangan download ini, jangan kunjungi situs ini, dll. Atau berteriak keseluruh ruangan “Tolong dunk, yang lagi download dipause dulu!”😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s