Warna Hidup

Hemm…!, akhir pekan kemarin dapat pinjaman CD film dengan judul “Jagad X-code” (kalo pinjam CD film original untuk ditonton doank, tidak termasuk kategori membajak kan?). Film ini bercerita tentang tiga orang pemuda yang tinggal di sekitar Kali Code Yogyakarta, tentu saja disertai dengan berbagai permasalahan.

Salah satu adegan yang membuat saya tersenyum miris adalah gambaran seorang tukang cukur rambut yang biasa mangkal di salah satu sudut Alun-alun (kurang jelas sih Alun-alun Kidul apa Lor). Seorang tukang cukur yang sedang gundah karena alat cukurnya hilang dicuri dan dia tidak bisa membeli alat cukur yang baru. Mudahnya, penghasilannya sebagai tukang cukur tidak mencukupi untuk membeli alat cukur baru.

Begitu banyak fenomena seperti diatas. Banyak pedagang kaki lima yang penghasilannya tidak bisa untuk memperbaiki atau membuat gerobak baru. Bila gerobak itu rusak ia harus pontang-panting mencari pinjaman untuk memperbaikinya.

Idealnya, penghasilan seseorang mestinya bisa mencukupi untuk memperbaiki atau membeli barang-barang penunjang produktifitas dia. Seorang petani mampu membeli benih dan pupuk untuk bercocok tanam, para nelayan mampu mengibarkan layarnya tanpa harus bingung mengutang BBM, dan… sudah ah, ntar kayak iklan partai jadinya.

Kenyataan seperti itu tidak hanya dikalangan masyarakat kecil aja. Dikalangan professional juga meski tidak semua. Banyak teman-teman programmer mesti menabung sekian bulan untuk membeli sebuah hard disk external, apalagi untuk membeli satu unit notebook atau desktop, pasti nabungnya mesti berbulan-bulan atau mungkin ada yang bertahun-tahun???…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s