Don’t Trust Anyone, Don’t Trust Anything

Hari ini sahabat yang duduk disebelah saya merasa email accountnya dibajak. Indikasinya si pembajak adalah sahabat saya yang lain. Sementara ini email yang di bajak hanya digunakan untuk hal-hal iseng saja. Tapi bukankah banyak tindakan ilegal di internet di lakukan dengan alasan iseng?.

Masalahnya kadang kita dengan mudah berbagi hal-hal privat yang berhubungan dengan komputer seperti password. Bahkan banyak yang menganggap ini adalah hal yang wajar dan biasa dilakukan. Padahal ini adalah point yang paling banyak disalah gunakan meski hanya sekedar iseng.

Beginalah memang tipikal kita yang dibesarkan dengan mudah mempercayai orang lain dan mudah pula berbagi. Suatu kelebihan memang, tapi di internet ini bisa dimanfaatkan orang lain. Orang indonesia itu terlalu baik. Bila tetangganya bertanya mengenai komputernya yang bermasalah, dengan senang hati langsung di jawab: “sini gw installin ulang aja”.

Kemudian bila yang lain mengeluh, “Eh komputer gw minta aktivasi terus nih. tau gak cara ngilanginnya?”

“wah kebetulan nih, barusan gw dapet trik dari temen kantor, tinggal ganti key-nya aja beres. kebetulan key-nya masih ada di email, belum gw hapus. ntar gw forward dech”.

dilain waktu tetangga tadi ketemu temennya yang punya masalah yang sama dan ia dengan senang hati memberikan key tadi. Begitu seterus dan tidak bisa kita bayangkan kemana key tadi melanglang buana.

Jika dilain waktu ada orang yang menolak membagi kode aktivasi, ia akan tersingkir atau setidaknya mendapat image gak mau bantuin dll.

intinya di internet don’t trust anyone, don’t trust anything. banyak tindakan ilegal dilakukan hanya sekedar iseng saja apa lagi oleh teman sendiri. Perlu diingatkan kembali bahwa ancaman terhadap sebuah sistem justru lebih banyak dari internal dari pada yang external. baik itu disengaja, atau cuma sekedar iseng. bahkan bisa jadi kelemahan yang ada di internal di manfaatin oleh pihak external.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s