Ajarin Aku Komputer

“Ajari aku komputer bib!”, sebuah kalimat yang sering muncul baik lewat email, facebook, Ym!, dll. Biasanya ini di ungkapkan oleh kawan lama yang baru ketemu lewat Facebook atau media lain dan kemudian diikuti dengan tukar menukar nomor HP, account Ym!, email, dll. Biasanya kawan saya ini baru tahu kalau saya kuliah di bidang IT.

Kalimat semisal yang sering saya terima adalah: “Ajari aku Linux bib!”. Ini biasa diungkapkan oleh teman-teman yang baru tahu kalau saya biasa pake Linux.

Well, bagi saya sendiri tidak masalah meluangkan waktu untuk memenuhi permintaan tersebut. Hanya saja kebanyakan dari mereka posisinya berjauhan dari tempat di mana saya tinggal. Sebenarnya jarak yang jauh bukan masalah besar sih dengan adanya internet.

Masalah utamanya adalah jawaban mereka ketika saya Tanya kembali: “Mau belajar computer bagian yang mana? Kan computer itu luas bla…bla…”.

“Ya, pokoknya belajar computer. Yang kamu bisa aja”, demikian rata-rata jawabannya. Hem.., kalo seperti ini gimana cara ngajarinnya ya!?..

Akhirnya aku tuliskan kalau computer itu cukup luas cakupannya. Ada programming, networking, pengguna computer biasa, dan banyak lagi. Kalau memang masih ‘buta’ dengan computer, mulailah dengan belajar aplikasi office, dan internet. Kemudian setelah bisa aplikasi office, tidak perlu expert, mulailah mencoba untuk belajar hal lain yang diinginkan. Bisa didmulai dari install aplikasi, game, bahkan system operasi. Kemudian utak-atik hardware atau langsung coba-coba membuat program. Dari situ akan diketahui sukanya dibidang yang mana dan bisa milih mau fokus dimana.

Kalau masih bingung, belilah satu buku tentang computer apa saja kemudaian dibaca dan dipraktekan. Bila dibaca sekali belum paham juga, ulangi lagi, dan ulangi lagi. Intinya jangan menyerah karena kegagalan yang pertama dan kedua.

Banyak teman saya meninggalkan Linux karena gagal menginstall atau hasil instalasinya tidak bisa menjalankan file audio/video.

Bila dalam belajar (tidak hanya belajar computer) menemukan masalah, jangan langsung ditinggalkan. Cobalah cari solusinya di internet. Diinternet kita bisa mencari melalui google atau mengungkapkan masalah yang dihadapi ke mailing list atau forum yang sesuai dengan minat kita. Tentu saja mesti mendaftar terlebih dahulu. Ada banyak milis dan forum yang bisa kita “curhati”. Tentu saja harus sesuai dengan tema yang sesuai, dan jangan salah alamat.
Intinya, baca dan coba kemudian tanya dan diskusikan.  kalau mau bertanya lansung saja unkapkan masalahnya apa. Jangan tanya “bisa bantu saya gak?” atau “saya punya masalah dengan computer saya”. Kalau memang ada yang bisa bantu dan berkanan, pasti dibantu.

Nah itulah yang biasa saya tuliskan untuk membalas permintaan teman-teman saya yang saya tulis diatas. Tentu saja saya juga tuliskan, kalau saya dengan senang hati membantu masalah mereka. Jadi jangan segan untuk bertanya. Baik lewat email, Ym!, atau HP.

Nah sekarang, selamat belajar…! saya juga masih belajar kok.

4 thoughts on “Ajarin Aku Komputer

  1. ass .. mas habib teacher linux . .(ahahhaha . . kidding)

    ksh saran ttg judul buat skripsi dong . . ,

    tengkiuu . ,
    ne sinta ilkom .,

  2. Mas Habib mohon saya di beri pencerahan, begini masalahnya
    saya punya warnet kecil2an dan saya baru belajar squid di ubuntu server 10.10 maverick, yang saya tanyakan bagaimana membuat script agar kompi squid saya bisa auto shutdown bila kompi billing yg ber IP 192.168.10.12 di matikan, saya sudah coba petunjuk dari salah satu forum seperti ini :
    nano /usr/sbin/tutup
    isinya
    #!/bin/bash
    ping -c 1 192.168.10.12 > /dev/null
    if [[ $? != 0 ]]; then
    shutdown -h now
    else
    echo “”
    fi

    Kemudian
    chmod +x /usr/sbin/tutup
    di crontab saya tambahkan
    */3 * * * * /usr/sbin/tutup
    tapi kenapa belum bisa auto shutdown jg yah, apa yg salah, atau mas Habib punya cara lain, saya sangat berterima kasih jika Mas mau memberikan sedikit pencerahan. Terima kasih sebelumnya
    agsjaya@gmail.com

Tinggalkan Balasan

