Dibalik Tumpukan kado

Dalam dua mingggu ini aku mendapatkan banyak kado, tentu saja tidak sebanyak kado pernikahanku. Well, aku tidak mengkritiki orang-orang yang dengan senang hati memberi kado-kado yang cukup menarik itu. bahkan aku bersukur akan hadiah-hadiah ini. Bukan hanya saat ini, tetapi setiap kali menerima hadiah tentunya.

Namun, seiring berpindahnya kado-kado itu ketanganku, ada teriakan kecil yang seakan-akan menghujat dengan nada yang lemah hampir tak terdengar. kemudian hilang begitu saja seiring dengan berlalunya waktu. tentu saja lebih-lebih karena aku tidak menghiraukan suara itu.

Sepanjang tahun hidupku berlaku seperti halnya kebanyakan manusia. Sesekali menerima hadiah dan dilain waktu juga memberikan hadiah untuk orang-orang terdekat. Tidak ada yang salah ketika manusia saling memberi hadiah. Bahkan memberi hadiah merupakan anjuran Nabi yang patut kita teladani.

Disaat aku memberi hadiah rasanya begitu berat. Bukan hanya karena tidak ikhlas. tapi suara itu begitu menusuk melebihi rasa kurang ikhlas yang muncul. jika saat menerima, suara itu terdengar begitu halus. Saat memberi, ia terdengar begitu lantang, “seminggu yang lalu, kamu hanya meberikan dua buah koin pada orang yang tidur di sudut jembatan penyebarangan itu. Hanya dua keping dan itu seminggu yang lalu.” Suara itu begitu nyaring, hampir saja aku mengira semua orang disekelilingku mendengarnya. “hari ini berlembar-lembar rupiah kau berikan sebagai hadiah yang mungkin penerimanya tidak begitu membutuhkan.” Ujarnya lagi membuat aku terhentak dan berpikir, “Tidakkah ini sebuah ketimpangan? infaqku jauh lebih kecil daripada yang kuberikan dalam bentuk hadiah. tidakkah aku berpikir untuk memberi hadiah bagi mereka yang amat membutuhkan. karena hadiah tidak mungkin hanya sekedar dua keping uang receh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s