Coding style and Standard

saya sedang mengerjakan beberapa project aplikasi untuk sebuah perusahaan multinational. Dalam mendevelop aplikasi, perusahaan ini menggunakan sebuah framework untuk menjaga agar setiap developernya tidak menggunakan gayanya masing-masing. selain itu, sebelum aplikasi release ke test, terdapat code review session untuk memastikan kualitas code yang dibuat sekaligus memastikan aplikasi yang dibuat benar-benar menggunakan standard yang telah ditentukan sebelumnya.

Jika kita membuat sebuah aplikasi sendirian, kita bisa membuat code sesuai dengan style kita sendiri. tetapi bila bekerja dengan orang lain, pengunaan standard sangat membantu dalam menyelesaikan aplikasi yang sedang dibuat. Tetapi satu hal yang menurut saya sangat sulit distandarisasi. Yakni cara berpikir, dan cara setiap orang menyelesaikan masalahnya. Dalam menghadapi masalah yang sama, setiap orang memiliki cara penyelesain yang berbeda. Misalkan diminta untuk menentukan dua bilangan bulat yang bila keduanya dijumlahkan maka akan menghasilkan nilai sepuluh. Jawaban dari persoalan tersebut tentu saja beragam. Banyak jalan menuju roma kata pujangga. Meski demikian, tidak sedikit masalah  yang hanya bisa diselesaikan dengan satu cara.

Karena banyak cara menyelesaikan masalah, maka dibuatlah sebuah standard yang bisa diterima oleh banyak orang. Katakan saja sebuah siklus proses CRUD (Create, Read, Update, and Delete) harus mengikuti standard yang ada agar mudah dipelajari oleh orang lain. Termasuk juga style dalam penulisan code, nama variable, dll. Standard ini mestinya berkembang sesuai dengan permasalahan-permasalahan yang ditemukan dikemudian hari beserta cara penyelesaiannya.

Terdapat banyak sekali coding standard yang ada saat ini. Jika tertarik untuk mempelajarinya mungkin bisa memulai dari Wikipedia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s