Menginstall Git Di Windows

Git adalah salah satu revision control yang sangat popular saat ini meski datangnya belakangan dibanding pendahulunya seperti Subversion, VCS, dan lain-lain. Dengan adanya github.com yang mengusung motto “Social Coding”, lengkaplah sudah kepopularannya.

Untuk menggunakan Git dalam lingkungan Windows, ada beberapa langkah instalasi yang mesti dilalui.

  1. Download dan install Git-.1.7.x…exe dari http://code.google.com/p/msysgit/downloads/list?can=3
  2. Download dan install TortoiseGIT dari http://code.google.com/p/tortoisegit/downloads/list

TortoiseGIT berguna untuk mengintegrasikan Git dengan Windows Explorer. Integrasi ini memunginkan bekerja dengan Git langsung dari Windows Explorer dengan hanya mengklik kanan untuk memunculkan menu yang berhubungan dengan Git. Tidak diperlukan lagi command line.

Dengan terinstallnya dua tool diatas, sebenarnya sudah cukup untuk bekerja dengan Git. Lalu bagaimana jika ingin mempublish atau membuat repository di github.com atau sourecode hosting server lain yang mendukung Git  seperti assembla.com, Gitorious, bitbucket.org, dll)?

Otentikasi Git Server Menggunakan Public dan Private key

Meskipun ada beberapa metode untuk sinkronisasi repository di Git, seperti file sharing, http/https, git daemon, dan ssh, kebanyakan Git server online menggunakan otentikasi ssh dengan publik dan private key. Disini akan dijelaskan bagaimana mensetup otentikasi di Git server menggunakan public dan private key saja.

Kok cuma yang SSH yang di jelasin?

Sebenarnya protokol lain yang sering dipakai adalah https. Tapi kalo servernya pake https kan gak perlu setup public dan private key. Tinggal clone dan alamat remotenya diarahkan ke url yang HTTPS. Github dan Bitbucket udah support https, yang lain belum tahu.

Kalau cara kerja publik dan private key silahkan googling aja. Sedangkan cara membuat public dan private key bisa pakai Putty Key Generator (puttygen.exe). Caranya:

  1. Download puttygen.exe di http://www.chiark.greenend.org.uk/~sgtatham/putty/download.html
  2. Jalankan file puttygen.exe dengan mengklik ganda, kemudian klik tombol Generate, gerakkan mouse secara bebas selama hinggak public dan private key berhasil di generate.
  3. Masukkan key passphrase (sama dengan password) atau biarkan kosong.
  4. Simpan private key secara pribadi.
  5. Public key bisa disimpan atau tidak. Jika tidak disimpan, anda perlu menggunakan puttygen.exe untuk melihat  public key yang telah di generate dengan cara me-load private key-nya. Public key ini nantinya akan di publish di server git.

Setelah public dan private key sudah siap, silahkan masukkan public key ke git server. Sebagai contoh, bila ingin menambahkan public key ke account di github, silahkan login ke github (daftar dulu bila belum punya account). Setelah login success,

  1. Pilih account setting di pojok kanan atas.
  2. Pilih SSH Keys
  3. Pilih add SSH Key
  4. Masukkan title dan public key yang sudah digenarete. Perlu diperhatikan format public key yang di terima seperti yang tampak pada field public key di puttygen.exe

Setelah public key di tambahkan ke server github, anda sudah bisa membuat repository, push ke server github, dll. Langkah-langkah menambahkan public key keserver git lainnya seperti assembla.com, gitorious.org, bitbucket.org, dll relatif sama. Jadi selamat mencoba🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s