Agar Internet Tidak Hanya Menjadi Media Hiburan Saja

Saat ini Televisi (TV) hampir ada disetiap rumah bahkan satu rumah bisa ada dua atau tiga buah. Dari sisi apa yang bisa dilakukan oleh pengguna TV, ia hanya punya sedikit pilihan, yakni menonton atau matikan. Mencari channel yang mendidik hampir2 tidak ada. jadi saya mengerti jika televisi memiliki madharat yang jauh lebih besar dari pada panfaat yang diberikan.

Layaknya televisi, internet adalah hanyalah salah satu alat/media yang saat ini juga sudah menyebar kemana-mana dan juga mudah mendapatkannya. Untuk memblokir layanan internet, bisa dibilang hampir tidak mungkin. Namun, berbeda dengan TV, internet memberikan banyak pilihan bagi penggunanya. Pengguna internet tidak hanya disuguhi, tetapi bisa ikut andil dalam memperkaya kontent di internet. Pengguna bisa menuliskan apa saja, mulai ringkasan hasil belajar, tutorial, sharing pengetahuan dll. Pengguna juga bisa memilih konten-konten yang berguna dari sekian banyak konten yang tersebar. Wikipedia yang merupakan ensiklopedia bebas hanyalah salah satu contoh kecil yang berguna dari internet.

Sayangnya tidak banyak yang menggunakan internet sebagai alat untuk menunjang produktifitas. Internet hanya digunakan sebagai media hiburan saja, tidak lebih. Penetrasi internet kesekolah-sekolah sudah meluas, tapi belum banyak berita tentang pemanfaatan internet sebagai media belajar. Anak-anak usia sekolah mestinya sudah mulai diajari bagaimana memanfaatkan internet, agar tidak hanya belajar dari teman seusianya, apalagi belajarnya bagaimana mencari “hiburan” diinternet. Mungkin belajarnya bisa dimulai dari menulis dan belajar nge-blog.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s