Web Hosting Gratis…tis…

Jaman tahun 2000-an banyak layanan di internet yang menawarkan hosting gratis, bahkan ada yang menawarkan hosting PHP dan mySQL juga. Yang paling terkenal, seingetku, adalah .co.cc. Tidak tahu sekarang bagaimana keberadaan hosting gratis tuh.

Hosting gratis jaman itu tidak sama seperti saat dulu kala. Waktu itu ada banyak iklan sana-sani dan kekurangan nyamanan lainnya. entah karena benar-benar kurang nyaman atau karena tidak terbiasa aja.

Berbeda dengan beberapa tahun terakhir ini, dimana PaaS dan cloud mulai menggeliat, ada banyak layanan hosting gratis tanpa ribet dengan kualitas yang sama dengan yang bayar. Tentu saja ada batasan-batasan, tetapi kalau hanya untuk belajar atau baru memulai, yang gratis pun sudah cukup. Sebagai contoh, mari lihat simulasi dari versi gratis yang ditawarkan oleh redhat melalui Openshift

  • 15 pages/second
  • Hundreds of articles
  • ~ 50k visitors per month

Nah seperti itulah kira-kira yang didapat dari versi gratisnya Openshift. Untuk product PaaS lainnya silahkan berkunjung ke website masing-masing. Beberapa yang sempat aku kunjungi menawarkan layanan yang bahkan belum bisa didapat di hosting konfensional. Berikut listnya:

Fitur yang susah didapat dihosting konvensional diantaranya: Java, Ruby, Python, Scala, Clojure, mongodb, dan masih banyak lagi. Mau custom domain juga bisa. Ayo dimanfaatkan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s