Aturan Penulisan Database Yang Biasa Saya Lakukan

Kali ini saya coba menuliskan kebiasaan (atau aturan?) yang saya buat sendiri untuk diri saya sendiri dalam membuat aplikasi. Aturan/convention yang saya buat ini bukan hal baru. Ini hanyalah rangkuman dari berbagai best practice dalam menulis code atau membangun aplikasi. Saat ini baru sempat untuk menulis tentang database convention. Kedepannya, saya berharap ada banyak yang bisa saya tambahkan. Saya juga meletakkan dokumen ini di Github, dan berharap bisa dapat masukan yang bagus.

Berikut daftar dari aturan penulisan database yang baru saja saya tulis dan disimpan di Github:

  1. use english language for name of fields and tables.
  2. Table names are lowercase, plural, and underscored without abbreviation except for commonly used. example: usersrulesorganitation_units.
  3. Field names are lowercase, and without abbreviation except for commonly used like id or uid.
  4. Field names with two or more words are underscored. Example: first_namelast_name, etc.
  5. Use `id` as name of primary key for all tables with int data type for auto increment or char(32) for UUID/GUID.
  6. use the (singular) name of the related table followed by _id for foreign keys. Example: user_id that reference to users table.
  7. Upper casing SQL keywords and built-in functions. Example:
    SELECT first_name,
        last_name,
        CONCAT(first_name, last_name) AS full_name
    FROM users;
    
  8. Avoid asterisk (*) symbol on select clause.

Untuk mendapatkan update terbaru dari daftar di atas, silahkan berkunjung ke repo Github.

Tinggalkan Balasan

